Sabtu, 12 Desember 2009

Masjidil Aqsa

AL – AQSA DIAMBANG KEHANCURAN
AKU BILANG TIDAK.

Mengapa kukatan tidak karena aku ingat kata-kata H.O.S. Cokroaminoto pernah berkata: “Islam ini pada suatu saat kelak akan menjadi sebuah dongeng kejayaan Romawi Kuno masa sebelum masehi. Begitu juga Islam pada suatu saat akan menjadi dongeng pula, jika umat Islam tidak memelihara apa itu Islam.

Al Aqsa akan hancur dikarenakan rapuhnya solidaritas negara-negara Arab, Zionis Israel yang kian agresif untuk menghancurkan dan menghilangkan Masjid Al – Aqsa.

Sedikit mengenal MASJIDILAKSA ( Masjid aL Aqsa = Masjid yang jauh. Masjid yang terletak di kota Baitul Makdis (Yerusalem) atau Baitulmukadas (rumah, tempat suci atau yang disucikan).
Kota Baitulmakdis yang didirikan tahun 578 SM ini juga menjadi kota suci umat Yahudi dan Nasrani. Kota ini mempunyai sepuluh Pintu sebagai jalan masuk dan yang masih berfungsi, antara lain pintu al – Magribah (barat), al asbat (teta) dan al anbiya (nabi-nabi). Pintu yang lain sudah ditutup antara lain pintu burak dan pintu emas.

Dalam sejarah, kota ini menjadi pusat penyampaian pesan dan perintah dari Tuhan kepada para Nabi terdahulu dan kiblat para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.
Masjidilaksa merupakan masjid ke dua yang tertua di Dunia atau Baitulah yang kedua di Dunia dan tanah haram yang ketiga. Termasuk satu diantara tiga masjid yang dianjurkan oleh Nabi SAW. untuk dikunjungi.
Masjidil Aqsa bukan saja artinya jauh, masjid itu disebut Aqsa karena Masjid ini bebas dari berbagai jenis kotoran, tempat turun malaikat dan wahyu, dan kiblat para nabi sebelum nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad sendiri dan pengikutnya pernah berkiblat ke Masjidilaqsa selama enam belas bulan sebelum turun wahyu yang memerintahkan agar mengalihkan kiblat ke KA’BAH.

Baitulmakdis dengan luas 285 m x 470 m yang sekelilingnya dipagari tembok, itu merupakan tempat para nabi beribadah. Tidak ada satu jengkalpun tanah di areal itu yang tidak dipakai oleh para Nabi dan malaikat untuk melakukan ibadah.

Bentuk asli bangunan Masjidilaqsa berupa serambi kiblat, tidak memilik lapangan di tengah sebgaimana masjid pada umumnya. Bentuk asli ini tetap walaupun telah beberapa kali mengalami perbaikan, terutama restorasi besar-besaran karena gempa pada tahun 1916. Kaum Yahudi percaya bahwa salah satu dinding Masjidilaqsa dibuat dari tempat ibadah (haekal) Nabi Sulaiman AS, karena menurut sejarah di tempat itu pernah berdiri tempat Ibadah Nabi Sulaiman AS. Umat Kristen percaya di tempat inilah Nabi Isa AS disalib. Masajidilaksa pernah diperbarui oleh Nabi Daud AS dan kemudian disempurnakan oleh putranya , Nabi Sulaiman AS.


Sejarah Masjid Al – Aqsa
Masjidilaksa kaya dengan khazanah peradaban, Dari sinilah memancar sinar petunjuk Ilahi sejak lebih dari 2500 tahun silam. di tengah-tengah Baitulmakdis tedapat sebuah batu besar sakhrah berukuran 56 kaki x 42 kaki yang seolah-olah tergantung di udara. Dibawahnya terdapat gua berbentuk kubus yang berukuran 4,5 m x 4,5 x 1,5 m. Di bagian atas terdapat lubang besar berdiameter 1 m. Di dalam ruangan itu terdapat sebuah mimbar dan untuk dapat masuk ke dalamnya melalui sebuah pintu dengan menuruni sebuah tangga. Menurut sebagian ulama, nilai kesucian sakhrah itu sama dengan dengan Hajar Aswad (batu hitam) di Ka’bah, karena batu hitam itu sama-sama dari Surga. Oleh karena itui batu itu disebut Sakhrah Muqaddasah.
Di kota Baitulmakdis, Khalifah Umar bin Khatab membangun sebuah masjid yang berbentuk lingkaran dinding yang terbuat dari tanah liat. Masjid Umar bin Khatab tanpa atap ini mengambil lokasi di atas Bukit Muriah.
Pada tahun 72 H/691 M *Abdul Malik bin Marwan, khalifah Bani *Umayyah, mendirikan masjid berbentuk kubah yang megah persis di atas Sakhrah yang kemudian dikenal dengan Qubbah as-Sakhrah atau masjid Sakhrat.
Bangunan ini dibuat semata-mata untuk mengabadikan peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, bukan untuk tempat sholat. Untuk tempat sholat ia membangun sebuah masjid lagi yang terletak di antara pintu Muzdawij dan Magribah, di sebelah selatan Qubbah as – Sakhrah. Dipilihnya lokasi masjid ini karena menurut riwayat, di tempat itulah berhnti burak, kendaraan yang diganakan Nabi Muhammad SAW ketika melakukan Isra.

Baitulmakdis atau Yerusalem sebagai tempat tegaknya Masjidilaksa adalah bagian dari hati nurani tiga Agama monoteis besar di dunia yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Masing-masing ini mempunyai jejak sejarah di tempat itu. Ia menyimpan sejarah panjang sebagai salah satu pusat perkembangan peradaban agama umat manusia. Namun karena ia disucikan oleh penganut tiga agama tersebut, kota ini menjadi sengketa dunia yang sering menggawat. Semula pada tahun 4000 SM, tempat ini didiami oleh suku Yepus dari rumpan Kana’an (Arab). Kemudian tahun 1000 SM muncul nabi Daud AS yang mempersatukan suku-suku Israel.
Kejayaannya muncul sebagai kerajaan terkenal ketika Nabi Sulaiman AS memerintah (970 -930 SM).
Sepeninggal Nabi Sulaiman AS. kota itu ditaklukan oleh Assiris. Lalu ditaklukan nerturut-turut oleh Babylonia, Parsi, Romawi dan pada masa Islam oleh Khalifah Umar Bin Khattab (636). Tahun 1099 kota itu jatuh ke tangan umat Kristen pada masa Perang Salib dan thn 1187 jatuh ke tangan umat Islam di masa Salahudin Yusuf al-Ayyubi hingga diduduki Inggris pada perang dunia I. Ketika pendudukan Inggris berakhir atas kota agama itu, kaum Yahudi menyerangnya dan berhasil menguasai kota baru, sedang kota lama dikuasai orang Arab. Dalam konflik Arab-Israel 1967, seluruh Yerusalem berada di bawah satu pemerintahan yang dikuasai Israel hingga saat ini

Sedikit lagi tentang Masjid Al Aqsa yang penulis ambil dar Ensiklopedi Islam Indonesia terbitan JAMBATAN.

Masjid Al aqsa Baitul Muqaddas adalah masjid yang disucikan oleh umat Islam setelah Masjid Haram di Mekah dan Mesjid Nabawi di Madinah. Menurut riwayat, mesjid ini didirikan oleh Nabi Sulaiman, sebagaimana Masjid Haram mula-mula didirikan oleh Nabi Ibrahim. Tetapi ada pula yang menerangkan bahwa kedua masjid tersebut pertama kalinya dibangun oleh Nabi Adam. Kemudian anak cucu Adam Tersebar. Ibrahim sebagai anak keturunan pergi ke tanah Arab, lalu memperbaharui fondasi bangunan Baitullah (Ka’bah), sedangkan Nabi Sulaiman pergi ke Palestina, lalu ia memperbaharui bangunan Masjid al-Aqsa.
Menurut keterangan tanah yang dipergunakan untuk membangun mesjid al Aqsa merupakan tanah Wakaf dari seseorang bernama Nasuha. Nasuha mewaqafkan tanah tanah itu ke pada Nabi Daud untuk kepentingan pembangunan masjid. Semula Nasuha meminta pembayaran untuk tanahnya dengan harga yang sangat mahal, berupa emas yang ditaburkan seluas 4.000 kaz. Tetapi setelah menyadari bahwa tanah itu untuk kepentingan tempat beribadah akhirnya mewaqafkan kepada Daud.
Sehingga terdapat perbedaan pemahaman mengenai yang dimaksud dengan Masjid Aqsa. yang dimaksud dalam Al Qur’an surat Bani israil ; 1.
Menurut Jumhur yang dimaksud dengan Mesjid Al Aqsa , dalam ayat itu adalah masjid yang terdapat di Palestina. Sedangkan menurut sebagian pendapat, yang dimaksud masjid Al Aqsa adalah tempat sujud tertjauh yang disaksikan Nabi Muhammad SAW, pada waktu mikraj ke Sidratal-Muntaha.
Masjid Al Aqsa dalam arti ke dua bukan saja penting bagi Umat Islam, tetapi juga penting bagi Umat Nasrani dan umat Yahudi. Oleh karena itu, sebenarnya , tempat tersebut tidak hanya dihormati dan disucikan oleh Umat Islam, tetapi juga oleh penganut agama-agama tersebut.

Al – Aqsa merupakan salah satu bangunan yang menjadi bagian komplek bangunan suci di kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur) Umat Islam mengenalnya dengan nama Al – Haram asy – Syarif. Sedangkan umat Yahudi dan Nasrani menyebutnya Har Ha-bayit (bukit Baitallah atau Temple mount)
Thn 621. Rasulullah SAW melaui sebuah peristiwa yang dituangkan dalam surat Al Isra’ ayat 1 (QS;17:1)
Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Mahammendengar. Maha Melihat.

Masjid Al Aqsa adalah tempat suci yang ke tiga setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.
Masjidil Al Aqsa dibangun ulang dan diperluas oleh penguasa Dinasti Umayah, Khalifah Abdul Malik dan diselesaikan oleh putranya Khalifah al-Walid pada 705 Masehi
Thn 746 gempabumi mengguncang Yerusalem Bangunan Masjid Al Aqsa hancur.
Thn 754 Dinasrty Abbsiyah,Khaliffah al-Mansur kembali membangun Masjid Al Aqsa.
Thn 780 M masjid itu kembali dibangun oleh Khalifah al – Mahdi.
Thn 1033 Gempa bumi kembali mengguncang Yerusalem membuat Masjid Al Aqsa kembali hancur.
Thn 1035 Masjid Al aqsa dibangun megah oleh Khalifah Ali az-Zahir penguasa Dinasti Fatimiah.
Thn 1099 M Masjidil Aqsa sempat jatuh ke tangan Tentara Perang Salib.
Namun panglima perang Islam Terkemuka, Salahudin Al-Ayubi kembali merebut Al aqsa.
Thn 1969 pda tgl 21 Agustus 1969 pembakaran Masjid Al Aqsa.
Perlakuan buruk kaum Yahudi untuk mencaplok Masjid Al Aqsa dimulai ketika Michael Denis Rohen seorang extremis Yahudi Israel asal Australia membakar simbol kehormatan umat Islam. Berbekal dukungan dari Tentara Israel

Hingga mendorong berdirinya Organisasi Konferensi Islam
(OKI)

Ditahun ini Masjid Al Aqsa kembali dalam ancaman hari Ahad tgl 25 Oktober 2009 pagi, ratusan tentara zionis Israel secara membabi buta menyerang umat Islam yang sedang beribadah di tempat suci.

Masjid al Aqsa tempat suci milik umat Islam yang akan terus dipertahnakan keberadaannya. kata Syekh Husein.

Syekh Husein dalam katanya lagi. “Jika umat muslim, pemerintahan Islam dan rakyatnya tak bertindak cepat untuk menyelematkan Masjid Al Aqsa dari rencana jahat Israel, besok mungkin sudah akan sangat terlambat.

Ketua umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Ustaz Syuhada Bahri mendesak pemerintah Indonesia untuk tetap mendukung perjuangan bangsa Palestina dan pemerintah harus proaktif memanfaatkan kekuatan lobi dan diplomasinya untuk mendesak Dewan Keamanan PBB agar menjatuhkan sanksi kepada Israelyang telah melanggar ketentuan hukum Internasional yang berlaku.

“Israel pelaku teror dan pelanggarf HAm sesungguhnya, tapiyang selalu dituduh Umat Islam.” cetus Ustaz Shuha Bahri.

MUI langsung merespon kebiadaban Israel di Masjid Al Aqsa. MUI pun terus mendesak pemerintah Indonesia bersikap tegas proaktif dan mengmabil tindakan nyhata dengan memelopori sidang DK PBB secepat mungkin untuk menghentikan semua kebrutalan Zionis Israel.

Sedang Israel tetap bernafsu untuk menghancurkan dan melenyapkan Masjid Al Aqsai Yerusalem. Dan untuk itu adalah merupakan agenda besar yang telah dilakukan Zionis Israel.

Aktivitas penggalian terowongan di bawah tempat suci umat Islam itu terus dilakukan meski umat Islam di Palestina menolaknya. Alasannya penggalian terowongan hanya untuk mencari harta karun. Sebenarnya itu hanya ulah Zionis Israel dengan berbagai dalih untuk menghancurkan Masjid Al Aqsa.

Direktur Pusat Studi Al Qur’an (PSQ) Prof HM Quraish Shihab, mengaku tak heran melihat tindakan brutal yang dilakukan Zionis Israel terhadap masjid Al Aqsa. Yang saya heran justru bila dunia termasuk negara-negara Islam diam diri menyaksikan tindakan brutal dari orang Yahudi tersebut. tutur mantan duta besar R.I. untuk mesir.

Prof Muslimin Nasution ketua ICMI. Sudah lama Zionis Israel selalu membuat ulah dengan berbgai dalih untuk menghancurkan Masjid Al Aqsa.

Sedang Cendekiawan Muslim. Dr Adian Husaini, mengungkapkan sejak lama Zionis Israel berencana menghancurkan Masjid Al Aqsa. Zionis Israel itu bukan sekedar punya niat dan rencana jahat kepada Masjid Al Aqsa, tapi sejak lam yakin sejak 1969 Zionis Israel berusaha menghancurkan untuk kemudian diganti dengan Solomon Temple.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah jakarta, Prof Komaruddin Hidayat, menyatakan rapuhnya solidaritas negara-negara Arab merupakan salah satu Faktor yang membuat Israel kian berani/brutal terhadap umat Islam di Palestina dan makin berani mencaplok Masjid Al Aqsa. Negara negara Arab tampaknya tak lebih sibuk mengurus kepentingan masing-masing daa mulai abai dengan Nasib Masjid A-Aqsa.


Pemimpin Persatuan Ulama Dunia Syekh Yusuf Al-Qardhawi mengajak umat Islam di seluruh dunia untuk menjadikan hari Jum’at selalu sebagai hari solidaritas kemarahan atas serbuan Zionis ke Masjid al-Aqsa.

Penulis hanya mengatakan Masjid Al Aqsa tidak akan hancur, jika semua umat Islam memeliharanya, umat Islam melindunginya, umat islam merawatnya, jangan sampai masjid Al Aqsa kian merana. Seperti dongeng Romawi pada jamannya, kini tinggal dongeng kejayaanya.
Jika umat Islam tidak merawatnya seperti juga merawat Islamnya.

Intisarinya

Islam dan masjid Al Aqsa harus dipelihara dan dijaga
Penulis menambahi.
Andai umat Islam seluruh dunia berdoa demi rakyat palestina dan demi Islam untuk melawan ke joliman Zionis Israel, Tiadaklah mungkin Allah tidak mendengar doa kita.

Ditambah lagi President kita RI atas nama Bangsa Indonesia mestinya bisa menjadi mediator, walau muslim/Islam yang tidak mempunyai kepentingan langsung terhadap konflik di timur tengah Indonesia harusnya lebih bijak dan fleksibel atau lebih tegas untuk melakukan manuver.

DATA NEGARA

ISRAEL
Nama resmi : Medinat Yisra’el (Ibrani) Isra’il (arab), bentuk pemerintahan : Republik : Ibu lkota Yerusalem; Kepala Negara : President Chaim Herzog, Kepala Pemerintahan Perdana mentri Yiotzhak Rabin Pemerintahan loka 6 distrik administratif tanggal kemerdiekaan 14 Mei 1948; Bahasa Ibrani dan Arab. Lagu Kebangsaan Hatikva; Mata uang New Israel Shekel (NIS) ; 1 NIS = 100 Agorot.
Letak Geografis Terletak di ujung Timur Laut Mediterania. Batas-batasnya Lebanon di Utara, Mesir di Barat, Yordania dan Suriah di timur.
Perekonomian : Industri- Tekstil, permata, mesin alata-alat eletronika, dan pengolahan hasil pertanian, Pertambangan – fosfat, mangan, belerang, kalium karbonat, dan perunggu. Pertanian – sayuran dan buah –buahan, jeruk sitrun.
Pendapatan Kotor Nasional (GNP) (1989): U.S.$ 44.131.000.000 (U.S.$ 9.750 per kapita)

Militer :
Jumlah personel yang aktif (1990);141.000 orang (angkatan darat 73,7 %, angkatan Laut 6,4 %, angkatan Udara 19,9%.

Persentase GNP yang digunakan untuk keperluan kemiliteranm (1987); 16,6% (rata-rata tingkat dunia 5,4 %); U.S.$ 1.247 per kapita

Demografi : Jumlah penduduk (1990) 4.666.000 jiwa.
jumlah penduuduk kota-kota besar(1989); Yerusalem 493.500 jiwa; Tel Aviv – Yafo 317800 jiwa; Haiva 222.600 jiwa; Holon 146.100 Jiwa; Bat Yam 1 33.100 jiwa.
Kepadatan penduduk menurut desa kota (1986): desa 10,6 %; kota 89,4%.
Persentase penduduk menurut jenis kelamin (1987); laki-laki 49,88 %; perempunan 50,12 %.
Persentase penduduk menurut kelompok umur (1987). 15 tahun, 32,3 %; 15-29, 24,8%; 30-44, 19,5%: 45-59, 11,5%: 60-74, 8,8: 75, 3,1%.

Persentase menurut Agama :
Yahudi 81,5 %, Islam terutama Islam Sunni 13,9 %; Kristen 2,3 %; Druze 1,6 % dan kepercayaan lain 0,7 %.

Statistik Kehidupan
Angka kelahiran rata per 1.000 jiwa (1989): 22,3 (rata-rata tingkat dunia 27,1)
Angka fertilitras total (jumlah kelahiran pada wanita usia subur ; 1989 : 3,0
Angka perkawinan per 1.000 jiwa (1989): 6,3 (rata-rata tingkat dunia 9,9)
Angka perceraian per 1.000 jiwa (1988): 1,3
Angka kematian rata-rata oer 1.000 jiwa (1989): 6,3 (rata-rata tingkat dunia 9.9)
Angka pertambahan alami penduduk per 1.000 (1989): 16,0 (rata-rata tingkat dunia 17,2)
Harapan hidup (1986) : laki 72,2 tahun, perempuan 75 thn.
Sebab=sebab utama kematian per 100.000 penduduk (1986); penyakit sistem peredaran darah 300,3; kanker 123,9 kecelakaan 46,3 penyakit sistem pernafasan 23,1


Maraji :
Ekslopedi Islam – PT ICHTIAR BARU VAN HOEVE – Jakarta.
Dialog Jum’at (Tabloid Republika) Jum’at 6 Nopemeber 2009.
Ensiklpedi Islam Indonesia – Penerbit Jambatan
Ensiklopedi Nasional Indonesia- P.T. Cipta Adi Pustaska
Wikipedia (Internet).

Pengawasan

PENGAWASAN

Tanpa sadar atau disadari sesungguhnya kita semua makhluk di bumi ini diawasi, tingkah laku kita perbuatan kita perkataan kita dan segalanya diawasi. Seperti pengawasan di dunia kerja atau dunia yang kita lakukan untuk orang lain atau intansi lain pasti kita ada pengawasan, dulu kita di pemerintahan terkenal dengan singkatan WASKAT pengawasan melekat. atau SIDAK operasi mendadak. semua itu dilakukan untuk mengukur daya kerja daya bakti seseorang terhadap apa yang ia lakukan atau apa yang ia kerjakan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan masyarakat banyak.
Tanpa ragu lagi kita di dunia diawasi oleh suatu metode atau birokrasi pengawasan. Tapi kita harus menyadari ada yang lebih tinggi pengawasan kita di atas yakni Allah. yang tidak pernah ngantuk, tidur dan selalu memangku kita dengan melihat tingkah laku perbuatan kita. Dimuka BUMI Allah selalu mengawasi kita. q-adul 10-12-09

berbuat baik

KITA SUDAH BANYAK BERBUAT BAIK. ki-adul

Kita kadang-kadang merasa diri kita sudah banyak berbuat baik pada mereka.
Ada yang berkata apa yang saya berikan sudah berlebihan kebaikan kita, berlebihan kita, sudah banyak kita berbuat baik.
Ada yang berkata sudah banyak biaya yang kuberikan, tapi apa balasannya.
Ada yang berkata (berceritera) kebaikan kebaikan yang pernah diberikan itu diceriterakan pada orang-orang, ditambah lagi yang sudah diberi kebaikan sudah tidak disuka.
Ada yang lebih merasa benar benar berbuat baik sehingga ia berkata sudah ku empanin, ku sekolahkan, ku kulihakan,ku nikahkan/kawinkan, kucarikan pekerjaan tapi balasan kebaikan ku dimanakah?. Lalu berceritera lagi apa balasannya?.
Sampai ada yang berkata ya Allah aku sudah banyak berbuat baik kepada siapa saja pada keluarga pada masyarakat pada pada negara dan itu Ikhlas lila ta alla tapi apa balasan mereka pada saya, pada keluarga saya?.


Merasa berbuat baik pada siapa itu wajar, Diingat juga wajar, yang tidak wajar diceriterakan pada siapa saja itu tidak wajar.

Allah banyak, dan lebih banyak berbuat baik pada kita, tapi Allah tidak minta balasan dari kita Allah juga tidak minta di sembah sembah yang berlebihan oleh kita.

Kayanya kita cukup mematuhi Perintah-Nya menjauhi laranggan-Nya. Dan mematuhi Sunnah Rasul dan menjauhi yang tidak ada tuntunan Sunnah Rasul kita (Nabi Muhammad S.A.W.).










q-adul 9-12-09

Pamrih

PAMRIH

Kita sering melakukan, atau apa yang kita lakukan itu ada pamrihnya. Kepada Allah juga kita pamrih, tapi tidak pamrih berlebihan, beda pamrihnya yang bisa sedikit penulis jelaskan.
Seperti kita minta doa diselematkan dari hidup di Dunia maupun jangan kena siksa di Akherat,minta diberi kesehatan, minta diberirejeki yang banyak kadang kita tanpa sadar minta diperpanjangkan umur agar kami/kita, agar kami/kita bisa nambah berbuat kebajikannya, seperti ibadah-ibadah dan amalan amalan yang lainnya.
Begitu doanya pasti ada pamrih kan?.

Dan yakin pamrih ke pada Allah akan pasti dikabulkan dan Allah melindungi, sayang pada umatnya, Allah maha Rachim, Rochman dan Allah mengampuni terkecuali doa sirik. (menduakan Tuhan).

Nah tidak mungkinkan atau memungkinkan lagi perbuatan manusia dengan manusia lepas dari pamrihnya. Mungkin lebih tinggi pamrihnya.

Jadi ada kata perbuatan Ikhlas itu di Dunia modern ini sudah punah dimakan jaman/pamrih.

Di Kampung-kampung dulu, entah sekarang ada beberapa orang desa berbuat benar-benar Ikhlas. Seperti pernah penulis ketemukan. Seperti mendorong mobil kita mogok di suatu pedesaan. Merka membantu kita tanpa pamrih.

Atau memberi minum pada gentong+gayungnya yang sudah disiapkan di pinggir jalan desa untuk siapa saja yang mau minum silahkan mampir dan silahkan minum kalau perlu sepuasnya. Tapi sekarang dunia semakin modern semua diukur dengan materi.
Lihat kemasan minuman sudah dimana-mana. Ditempat kenduri yang semula disajikan dengan gelas dan menyilahkan tamu untuk minum. Tidak seperti sekarang disajikan minuman kemasan dengan bahasa yang disodorkan. ‘ kalau mau minum ambil sendiri, atau kalau mau minum silahkan, atau kalau tidak mau minum masa bodoh. Bahasa santunnya sudah hilang. Pamrih-pamrih semua serba pamrih.

Masih ada orang memberi penginapan tanpa imbalan, jika kita kesasar di desa, lalu kita menginap disalah satu rumah keluarga dan di layani dengan ramah tamah tanpa pamrih. Dan jika kita akan memberi imbalanya dia akan menolaknya, kadang dia tanpa curiga pada tamu yang belum dikenal sebelumnya. Ada suatu ceritera anekdot seorang jejaka kesasar di suatu desa, lalu ia mampir di sutu rumah penduduk. Karena hari sudah mulai gelap ia pun menginap di rumah penduduk tersebut. Menginap tentu setelah ditawari oleh tuan rumah dengan ramah.
Sang tuan Rumah menawarkan “Silahakan tinggal pilih di kamar satu itu ada bayi dan yang kamar sebelah, adalah kamar merangkap gudang.
Karena sang jejaka tidak mau/tidak suka tidur dengan bayi yang kadang menangis malamnya dan ia memang tidak suka mendengar bayi menangis. Akhirnya ia pilih kamar yang merangkap gudang.
Ketika bangun pagi dan ada seorang gadis desa menyuguhkan kan Teh hangat dan beberapa potong kue. sang jejaka penasaran untuk menyapanya. Tentu saja sudah berbincang bincang sana kemari dan tujuan adik ke desa ada apa atau KKN seperti mahsiswa sekarang. Tak tahan jejaka itu bertanya pada Bapak Tuan rumah.

“Ma’af pa ini siapa putri bapak yang juga tinggal disini?”. Untuk bertanya takut karena siapa tahu istri bapak atau tetangga yang sengaja diundang untuk mengurus tamu.
“Iya putri bapak yang tidurnya semalam di kamar itu”.
Yang ditunjukannya kamar yang ditawarkan semalam, kamar itu kamar bayi.

Suatu upaya orang yang menginap tidak tidur di kamar yang cuma satu, untuk anak Gadisnya maka ia dengan ramah itu kamar bayi. Itulah penduduk desa tidak ada penolakan kasar, maka dengan penolakan halus. Karena dia juga melakukan penumpangan sementaramenginap semalam tanpa pamrih.





q-adul 9.12.09

Salah Komunikasi

Dongeng ini terjadi dipasar Lampung Sumatera Selatan, memang bahasa yang sudah umum atau bahasa yang mengejawantah diartikan umum seperti biasa yang pegertian orang pasti mengerti begitulah pengertiannya. Seperti contoh anak kecil disuruh ayahnya untuk membeli jarum pasti anak akan membelikan rokok dengan merek jarum, karena bahasa jarum sudah menjadi bahasa sehari-hari adalah rokok merek Jarum. Bukan dibeli jarum yang sebenarnya jarum.

Nah bahasa ini tidak selalu berati sama dimengeri apa yang disuruh atau di intruksikan beda dengan yang di inginkan seperti contoh ini terjadi sebenarnya.

Ketika itu istriku menyuruh membelikan teh botol kotak
“Beli teh botol kotak yang dingin yang Nang”. Memang ketika itu kami kepanasan dan harus diperjalanan di pasir putih lampung.
setelah menungu lama sekali baru nongol Nang mebawa teh kotak yang masih teh mereknya/gambarnya botol juga.
Disodorkan pada kami yang sedang haus. Lalu istritru bertanya dengan raut muka merah marah dan bertanya dengan suara tinggi.
“Kok teh ini buat apa, mana bisa diminum?.” dengan rasa tenggorokan terasa kering yang dibeli bukan teh kotak minuman tapi dibeli teh bener kotak tapi bukan teh dingin yang tinggal diminum.
Lalu jawabnya Nang dengan entengnya :
“Saya kira teh ini karena dirumah sudah ada gula pasirnya.”Itu salah satu contoh bahasa bahasa komunikasi yang saling menafsirkan sendiri sendiri, yang satu memberi perintah seolah yang diperintah mengerti dengan apa yang diperintahkan. Sedangkan yang diperintah menafsir sendiri dengan perintahnya, lalu dia ambil inisiatifnya sendiri yang kadang jadi menjebloskan. atau terjebak dengan inisiatif yang sangat kelihatan menafsirkan sendiri yang belum paham dan dipahami apa yang diperintahkan.
Pada hakekatnya tidak semua bahasa yang umum tidak semua orang mengerti .
Itu salah satu contoh bahasa komunikasi yang tidak nyambung antara yang satu dengan yang lain, yang menafsirkan dirinya seolah-olah masing masing yang mengintruksikan dan yang menerima intruksi paham.

Ini sering terjadi di negara kita yang bahasa komunikasi tidak nyambung. Alias miss komunikasi.

Di dalam tubuh angkatan entah itu angkatan kepolisian atau angkatan darat, laut, udara dan departemen yang mebutuhkan atau memang harus memakai yang disebut bahasa sandi.
Dari Bahasa sandi itulah yang dipakai,karena setiap yang mau menggunakan bahasa sandi itu harus sama sama mempelajari kata kata sandi sebelum ia diterjunkan ke masyrakat umum. Yang pada umumnya masyarakat umum tidak memahami bahasa sandi(hanya orang orang tertentu).
Bahasa isyarat yang sering banyak dipakai oleh tuna wicara dulu di TV sering ditampilkan di Dunia dalam berita ada salah satu memberikan/memainkan tangan dan jari di pojok kiri TV. untuk memberikan isyarat, agar yang tuna wicara melihat TV mengerti berita itu.

Bahasa Preman atau okem yang dimengerti oleh golonganya sendiri atau oleh komunitas mereka yang memahami bahasa preman. karena banyak dipakai oleh kalangan mereka. Atau ada bahasa khusus untuk kalangan waria untuk dapat dimengerti oleh sesama waria , masyarakat umum kadang juga ada yang mengerti.

Seluruh bahasa yang paling komunikatif sesungguhnya dan mudah dimengerti seluruh dunia adalah bahasanya orang tuna wicara/tunarungu.

Ada pepatah pergunakanlah bahasa yang baik dan benar agar saling mengerti yang menerima perintah dan orang yang memberi PERINTAH.

Jenderal Romel Komandan perang Dunia I, jika mau memberikan intruksi ke medan perang cari prajurid yang paling bodoh, untuk membaca surat yang akan dikirim ke Medan perang. Seteleh dimengerti isi surat oleh prajurit yang paling bodoh. Baru kirim ke Medan Perang.




q-adul.10.11.2009.