Kamis, 06 Agustus 2009

YASIN

ANEKDOT

YASINAN Ki Adul

Yaasin nama surat dalam Al Qur’an, Kata terjemahan atau artinya dari surat yang ada di surat ke 36 itu terdiri dari 83 ayat Makkiyyah yang hampir umat Islam hapal dimulut dan hampir lancar membacanya , tapi tidak begitu banyak hapal artinya. Surat Yaasiin yang hampir dibaca oleh umat /orang muslim pada malam Jum’at, tahlilan ketika ada orang yang meninggal, kadang dibaca pada saat acara pemberangkatan haji, mencukur rambut ,pindah rumah, sukuran/selamatan mendapat rejeki yang banyak atau rasa sukur selamat dari mara bahaya atau sukuran sembuh dari sakit, kadang acara minta doa karena besok mau sunatan, atau doa untuk besok mau nikah, doa pada saat jiarah kubur dan lain lain sebagainya, ada lagi mengajarkan untuk baca yasin misal ketika bangun malam hari, atau dibaca setiap malam.


Jika perlu setiap pagi dan siang. Janji-janji membaca Yaasiin sangat banyak sekali
Seperti janji yang penulis catat dibawah ini.
Janji-janji yang ditulis oleh Hadits itu Haditsnya adalah lemah. Tapi banyak saja orang memburunya seperti janji :
1. barang siapa yang membaca surat Yaasiin dalam satu malam, maka ketika bangun pagi hari diampuni dosanya.
2. Barang siapa terus menerus baca yasin pada setiap malam kemudian ia mati, maka ia mati syahid
3. Barang siap membaca surat Yaasiin di pagi hari, maka terpenuhi semua hajatnya.
4. Barang siapa membaca surat Yaasiin 1 x seolah membaca Al Qur’an 2 x
5. Barang siapa membaca surat Yaasiin 1x ia telah membaca al Qur’an sepuluh x
6. Barang siapa membaca surat Yaasiin setiap malam niscaya diampuni dosanya.
7. Barang siapa mendengar bacaan surat Yaasiin, ia akan diberi ganjaran 20 Dinar di jalan Allah.
8. Surat Yaasiin itu banyak memberi manfaat
9. Surat yaasiin itu hatinya Al Qur’an
10. Membaca surat yaasin mendapat tambahan ilmu kekuatan.
11. Membaca surat yaasiin disebuhkan dari segala penyakit.

Dan banyak lagi. Disini penulis akan berceritera tentang sedikt surat Yaasiin.
Cerita anekdot ini di dapat dari ceritera seorang Ustadz kepada saya. Ia menceriterakan ada saudagar kaya yang kalau berniaga sangat jauh, kadang melewati darerah yang sangat banyak perampoknya, kalau dahulu dinamakan banyak begalnya. Siapa saja yang lewat situ pasti habis hartanya, jika melawan malah habis hartanya juga nyawanya.

Tapi hendak apa dikata untuk berniaga yang mendapatkan leboh banyak untungnya dan lebih menjual dan membeli sesuatu di daerah yang harus dilalui banyak begalnya mau dibilang apa?.
Pada suata saat sudagar kaya itu juga harus melewati daerah tersebut. Dan kenyataan itu ada, dan rombongan Saudagar dihentkan oleh kawanan perampok,
Lalu kepala perampok memberhentikan saudagar kaya itu untruk dirampok.
Begitu takutnya dan bingungnya Sudagar kaya akan tampang perampok dan takutnya lagi harta harta yang akan dirampok. Lalu Saudgar ingat akan surat Yaasiin yang sering dibacanya setiap malam dan begitu hafal surat Yasiin. Dan Sudagar kaya ingat akan surat itu barang kali bisa menguatkan hati dan rasa takut yang berlebihan.
Dibacanya Surat Yasiin yang diotak begitu hafal mengapa mengahadai perampok ini, lidahnya menjadi kelu dan begitu juga hapapalanya kok bisa hilang dan yang dimulutnya hanya bisa berkata dengan terbata bata.

“Yaa yaa siin !.” begitu kata yang keluar dari mulutnya.

Diluar dugaan, perampok yang mukanya seram itu alias komandannya, memberikan aba-aba dengan berkata.

“Cabut {mungkin kalau sekarang berkata balik}, tidak jadi merampok rombongan ini.”
Rekan-rekan yang seprofesi bingung melihat pemimpinya tidak jadi merampok rombongan ini. Walau dalam hatinya masing-masing berkata.
“Ada pa ini kok tidak jadi, padahal mangsa ini banyak hartanya untuk dirampok”
Berhubung ini adalah intruksi sang pemimpin mau tidak mau dituruti.
Tapi ada satu teman yang memberanikan diri, lalu ia bertanya pada pemimpinnya.
“Kenapa bos kita tidak Jadi rampok orang itu, padahaal hartanya banyak?” tanyanya kepada bosnya.
Bospun menjawab pertanyaan salah satu anak buahnya.

“Dalam seumur hidup gua jadi rampok baru kali ini ada orang yang tahu nama gua, Yaasiin, mungking dia pasti teman bapak gua, maka gua tidak tega merampoknya.” Jawab sang pemimpin rampok.
Surat Yaasiin penolong atau kebetulan atau kalau Alloh sudah mau berkehendak tidaklah sulit menolaknya.




25.07.08










Anekdot kI Adul



KEPADA ALLOH
SMS {SERING MEMBACA SELAWAT}

Salah satu ustadz mengajak kita semua umat muslim yang mempergunakan HP jangan hanya bisa kirim SMS ke teman teman atau kenalan atau pacar atau selingkuhan atau istri dirumah yang lain atau pada teman yang disuka dan ada teman yang tidak disuka alias dibenci atau mereka yang hanya berani ngomel,. mereka berani berkata kasar melaui SMS.
Ada SMS yang santun ada SMS yang kasar ada SMS yang sampah yang bisanya melecehkan orang ada SMS yang Cuma turut duka cita, yang beritanya selalu disiapkan untuk berita duka cita, jika ada teman atau kerabatnya ada yang meninggal, maka sms yang sudah diprogram ke nomor yang sudah dicatat itu langsung menyebar seketika. Dan ada lagi SMS yang sukanya menteror dan sifatnya suka mengancam dan lain lain.

Pernah penulis mendapat SMS dengan kata-kata cukup mengejutkan. Ia mengucapkan turut duka cita kepada penulis, atas ditinggalnya penulis oleh Ustadz yang hekang dari tempat saya, tempat penulis belajar mengaji.
Kata-kata SMS nya sebagai berikut.

“Turut duka cita Ustadz anda sudah keluar dari tempat anda belajar”
.
“Kok ada ada aja yang kata katanya kok lucu.” komentarku yang sedikit sewot.
“ Seperti tidak ada kerjaan lain, Atau baru bisa SMS. Barangkali” pikirku.

Disini Selawatan atau membaca Selawat atau berjanji yang sering banyak ibu-ibu pengajian atau majelis taklim , ketika acara sunatan , anak baru lahir, ketika akan memulai ngaji, pengantar pergi ngaji atau ngaji rutin bulanan dan sebagianya yang kamu bisa dibuka dedngan selawatan yah selawatan dahulu.
Nah pesni ini yang diampaikan uoleh salah satu ustadz kondang mengatakan
“Kita jangan hanya bisa SMS ke orang dong, sekali kali atau sering seringlah SMS kepada Alloh yang maksudnya {sering-membaca selawat untuk Allah} yang dilakukan kapan saja dimana saja atau ketika kita sedang meninabobokan anak kita bayi kita maka baca selawat.

Ada suatu ceritera serorang ibu yang rajin sekali membaca selawat, apalagi kalau lagi menidurkan bayinya di ayunan ia mengayunkan anaknya dengan membaca selawat dan anak itu cepat tidurnya mendengar ibunya membaca selawat.

Alkisah suami ibu itu atau bapaknya anak tersebut rasa rasanya ingin diayun ayun sambil dibacakan selawat. Maka dibuatlah ayunan yang dengan tambang yang lebih kuat dan kain ayunan yang lebih tebal dan kuat, dan sang suamipun mulai diayun oleh istrinya dan sang suamipun cepat tidur, karena sang suami mendengar bacaan-bacaan selawat istrinya yang suaranya cukup dinikmati ditelinganya lelaplah ia.


Dengan kisah itu, ada seorang yang ingin mau mencuri isi rumah tersebut, dan diintipnya rumah tersebut, dilihatnya ada ayunan yang sedang diayun oleh seorang perempuan, ayunan itu besar sekali dan melihat ibunya yang sedang mengayun ayunkan sambil membaca selawat
Lalu sang pencuru berpikir.
“ Sebesar apa bapaknya kalau bayinya saja sebesar itu?.”
Akhirnya sang pencuri tidak jadi mencuri karena takut kalau bapaknya bangun dan menghajar dirinya.
Membayangkan besarnya segede apa bapaknya.

Akhirnya Pencurian tidak jadi karena, apakah melihat bayi alias suami yang sedang diayun atau karena mendengar bacaan selawat yang enak didengarnya atau Alloh selalu melindungi umatnya yang membaca selawat. Alloh maha tahu maha kasih maha penyayang. Jika Alloh berhendak bisa saja dengan cara apapun dengan jalan apapun..


25.07.08

Tidak ada komentar: