Senin, 01 November 2010

Telpon Genggam.

HP (Telepon Genggam)
oleh Abdulrachman Saleh Suratman pada 01 November 2010 jam 22:35

Telepon genggam mengundang Fitnah. Saya ambil judul tulisan ini dari buku "Cara mudah mengurus jenazah" yang Kara pengantar oleh Syaikh Dr Abdullah Bin Abdurrahmasn Al-Jibrin, penerjemah Abu Ihsan Al Atsari Al-Maidani Penerbit PUSTAKA AT -TAZKIA - Jakarta. Dari tulisan ini ada beberapa yang saya alami langsung, ketika solat Magrib baru satu rakaat telpon ke jamaah disebelah bunyi dengan santernya dan berulang ulang, jemaah ini bukan mematikan HP nya atau keluar dari sholat untuk mematikan sehjenak atau cara bagaimana. Pada rakaat ke dua mungkin risih, ia matikan dengan gerakan tidak lebih dari 3 kali berturut turut atau dimatikan oleh penelponnya karena tidak diangkat. Kalau keluar dari sholat membatalkan sholat kemungkinan takut/malu oleh jamaah lain.



Ada lagi satu jamaah yang hobinya telpon melulu, setiap habis sholat fardhu tidak begitu lama atau tidak pakai doa lagi sudah angkat pantat dari sholat berjamaah. Ketika aku pulang aku temui dia di Sudit gang atau di Ujung gang asik bertenpon. Seperti tidak ingat akan waktu atau kalau telpon dirumahnya didengarin oleh orang rumah barangkali.

Desas desus akhirnya kupingku dengar juga bahwa dia katanya selingkuh dan sudah punya simpanan di desa lain.



Penulis mengamati yang didengar langsung pada saat sholat dan yang kedua melihat langsung pada saat lebetulan.



Disini penulis mengintisari dari Tulisan Telpon Genggam Menundang Fitnah, Merujuk pada surat Al Ahzab : 58

yang artinya "Dan orang orang yang menyakiti orang2 Mukmin dan mukminah tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul lebohongan dan dosa yang nyata".



Abu Sa'id Al-Khudri menceriterakan Rasulullah SAW. beritikaf didalam Masjid, Beliau mendengar mereka mengeraskan bacaan Al Qur-an. Lalu beliau menyingkap tirai dan berkata.

"Ketahuilah bahwa kalian semua sedang bernunajat keoada Allah, maka janganlah sesama kalian saling mengganggu. Janganlah kalian mengeraskan suara Bacaan Al Qur'an atau beliau berkata " bacaan shalat kalian (HR Achmad dalam Musnadnya ).



Salah satu lagi yang menimbulkan fitnah dan musibah, HP yang ada kameranya. Merujuk dari Al qur'an Surat An Nur 19.

"Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatanya yang anat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka adzab yang pedih di dunia dan akhirat. Dan Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.mengetayu".

Penulis melihat di Rumah Ibadah "Matikan HP anda sejenak ketika ada Pelaksanaan Ibadah. Pesan itu atau himbaun belum cukup

Tidak ada komentar: