Kamis, 11 Februari 2010

TOBAT

Tobat itu wajib dari tiap Dosa, maka jika ma'siat (dosa) itu hanya antara ia dengan Allah, tiada berhubungaN DENGAN HAK MANUSIA, ADA TIGA SYARAT TOBAT :
1. hARUS MENGHENTIKAN maksiat
2. Harus menyesalatas perbuatan yang telah terlanjur dilakukannya
3. NIAT BERSUNGGUH SUNGGUH tIDAK MENGULANGI PERBUATAN ITU LAGI

Dan apabila dosa itu ada hubungan dengan manusia maka tobatnya ditambah dengan syarat ke empat yaitu ;

4. Menyelesaikan urusannya dengan orang yang berhAK DENGAN MINTA MAA'AF ATAU HALALNYA MENGEMBALIKAN APA YANG HARUS DIKEMBALIKAN.

bERTOBATLAH KAMU KEPADa Allah hai oreang2 yang beriman supaya kamu untung (bahagia)
(Annur31)
Mintalah ampun kepada Tuhanmu dengan membaca istigfar, dan kembali bertobatlah kepada-Nya. (Hud 3)

Hai sekalian orang yang Beriman tobatlah kamu kepada Allah dengan sungguh-sungguh (Attahrim 8)

Hadist
Abu Hurairah r.a. berkata Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda : Demi Allah, sesungguhnya saya membaca istigfar (minta ampun) dan bertobat kepada Allah tiap hari lebih dari tujuh puluh kali.(Buckhary)

Al Agharr bin Jasar Al-Musanny r.a. berkata Rasulullah s.a.w. bersabda
Hai sekalian Manusia, bertobatlah kamu kepada Allah, dan istigfarlah (minta ampun) kepada-Nya. maka sungguh saya bertobat istigfar tiap hari seratus kali. (muslim)

Anas bin Malik r.a. berkata : bersabda Rasulullah s.a.w. : Sesungguhnya Allah lebih suka menerima tobat seorang hamba-Nya, melebihi dari kjesenangan seseorang yang menemukan kembsali dengan tiba-tiba, untanya yang telah hilang daripadanya di tengah huta. (Buchary, Muslim.)

Abu Musa Al-Asja'ry r.a. bersabda Nabi s.a.w. Sesungguhnya Allah membentangkan tangan rahmat-Nya pada waktu malam supaya bertobat orang yang yang telah melanggar pada siang hari, juga mengulurkan tangan kemurahan-Nya pada waktu siang, supaya bertobat orang yang bertdosa pada waktu malam. Keadaan itu tetap terus hingga matahari terbit dari barat. (Muslim)

Abu Hurairah r.a. nerkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Siapa yang bertobat sebelum matahari terbenam di barat, maka Allah menerima tobat dan mema'afkanya. (muslim)

Abdullah bin Umar r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. Sesungguhnya Allah tetepa menerima tobat seseorang hamba-Nya selama ru (nyawanya) belum sampai di tenggorokan
(hampir mati).

Diambil dari buku Tarjamah RIADHUS
SHALIHIN.

Tidak ada komentar: