Rabu, 30 Juni 2010

SERAKAH/RAKUS/TAMAK

Serakah
Di dalam Al Qur,an surat Al araf ayat 3 yang menjelaskan tentang ketamakan/serakah “Makan dan minumlah dan jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Umar Bin Khaththab.
Sesungguhnya loba atau tamak itu kemiskinan. Dan putus harapan dari manusia itu suatu kenyataan.
Sesungguhnya siapa yang yang tidak mengaharapkan dari apa yang dalam tangan manusia dan merasa cukup dengan apa adanya niscaya ia tidak memerlukan kepada manusia.
Kata serakah, tamak, bakil, kikir sama dengan rakus.
Serakah dalam bahasa Inggrisnya Greedy, keserakahan greed, serakahisme = greedymentality, dalam bahasa arabnya syarihun, thamaaun menjadi tamak.
Kata tamak di dalam index Al Qur’an adalah loba, sedang dalam bahasa perancis avide, rapare. Di Dalam kamus bahasa Indonesia, serakah adalah loba, tamak. Misal ia sudah kaya tetapi masih serakah, hendak mengangkangi harta orang lain.
Lust, anger and greed, these three are the soul destroying gate of hell.
Birahi, kemarahan dan ketamakan ketiganya adalah gerbang neraka yang menghancurkan jiwa.
Charles col coltan Penyair dan penulis esei dari Inggris. Ambition is in fact the avarice of power. Ambisi adalah ketamakan kekuasaan
Avarice, the root of evil : Ketamakan asalah akar dari segala kejahatan.
Morrely Filsuf perancis : The only vice that I perceive in this aniverse is avarice all the others of this one.
Satu-satunya kejahatan yang saya ketahui di Dunia ini ialah ketamakan. Kejahatan lainnya, apapaun namanya hanyalah variasi dan kadar yang berbeda dari kejahatan yang satu ini.

Q_adul

Tidak ada komentar: