Senin, 26 Oktober 2009

Artikel Keluarga "ANAK YANG BAIK"

ANAK YANG BAIK Abdulrachman Saleh


Wo shi hao bao bao

Tian tian qi de zao

Saya adalah anak baik-baik
Tiap tiap hari bangun pagi


Wo shi hao xue sheng

Tian tian qi de zao



Shang xue bu chi dao

Saya adalah anak murid yang baik
Tiap tiap hari bangun pagi
Agar sekolah tidak terlambat

Kalimat-kalimat tersebut diatas yang didapat dari pelajaran bahasa mandarin. cukup bagi sang ayah untuk mendapat contoh kecil dari ingatan anak , harus mengucapkan kata kata tersebut di atas supaya mereka terbiasa bangun pagi dan tidak lain langsung pergi sekolah.
Bangun pagi yang dihadapi masyarakat oleh masyarakat jawa terutama ibu kota DKI Jakarta. Sepertinya harus bangun pagi.
Orang-orang sudah menjadi rutinitas bangun pagi , bagi bapa ibu yang harus berangkat pagi pagi, memburu waktu masuk


kerja, atau mengajar atau yang buka usaha harus pagi apel angkatan yang harus pagi-pagi.
Begitu juga anak anaknya yang harus dibangunkan pagi pagi karena harus sekolah berangkat bersama kakaknya atau ayah ibunya, atau anak-anak sekolah yang menunggu jemputan sekolah
Yang semula awal tidak sempat bertemu dengan orang tua , karena orang tua harus berangkat awal, anak masih tidur .orang tua pulang anak sudah tidur .
Begitu kehidupan dikota metropolitan yang harus dijalani sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan.
Bagi mereka yang membawa kendaraan sendiri sering membawa bekal sarapan pagi di mobil. Bagi mereka yang kelas menengah ke bawah membawa bekal ala kadarnya untuk sarapan pagi dan sekalian makan siang.

Semua ini dilakukan demi suatu cita-cita untuk tujuan masa depan keluarga bahagia atau keluarga sakinah mawadah warohmah.
Bagi pasangan ibu dan ayah yang mudah adalah bercita cita ingin menanamkan atau semata-mata menghasilkan Anak yang baik
Untuk mewujudkan anak yang baik bukan terbentuk dengan sendirinya. Kita selaku orang tua adalah yang meberi warna yang bagus dengan latar belakang yang cerah , warna-warna ,
yang tidak bagus harap jangan dicampurkan atau dicatumkan pada kanvas, sebab nanti lukisannya tidak seperti apa yang kita inginkan.
Pembentukan anak kita perlu diberi nilai-nilai pada gambar-gambar yang telah dituangkan dalam kanvas.


Penilaian secara jujur dan pujian yang jujur mutlak kita sebagai orang tua. Bukan asal menilai dan dan asal memuji.
Pemupukan penyiraman sebuah pohon perlu pemeliharaan yang bagus agar pohon tidak kena benalu atau gangguan dari serangga hama dan lain-lain. Sehingga pohon yang belum berbuah dan dan sempat ber buah tapi busuk tidak bisa dinikmati atau pohon nya belum apa apa sudah kropos kena benalu atau hama lainnya.
Bukan asal menyiram memupuk dan menyiram. Begitu harapan kami atau kita mungkin kurang cara perawatan, pengarahan, penilaian, pemberian warna dan sebagainya. Mungkinkah terbentuknya anak yang baik.

Tidak ada komentar: