Jumat, 16 Oktober 2009

Artikel "Nyamuk"

Di dalam surat Al Baqarah ayat 26 Allah menciptakan

“Nyamuk “

 •       •     •         •                      
26. Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu[33]. Adapun orang-orang yang beriman, Maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah[34], dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,

[33] Diwaktu turunnya surat Al Hajj ayat 73 yang di dalamnya Tuhan menerangkan bahwa berhala-berhala yang mereka sembah itu tidak dapat membuat lalat, Sekalipun mereka kerjakan bersama-sama, dan turunnya surat Al Ankabuut ayat 41 yang di dalamnya Tuhan menggambarkan Kelemahan berhala-berhala yang dijadikan oleh orang-orang musyrik itu sebagai pelindung sama dengan lemahnya sarang laba-laba.
[34] Disesatkan Allah berarti: bahwa orang itu sesat berhubung keingkarannya dan tidak mau memahami petunjuk-petunjuk Allah. dalam ayat ini, karena mereka itu ingkar dan tidak mau memahami apa sebabnya Allah menjadikan nyamuk sebagai perumpamaan, Maka mereka itu menjadi sesat.
Nyamuk yang sekarang – sekarang ini semakin banyak di komplek atau perumahan kami, semakin dibrantas semakin liar banyaknya, sungguh semakin meraja lela, kadang jika kita sedang beribadah nyamuk sangat mengganggu kekhusuan kita pada saat itu. Tapi itulah nyamuk yang diciptakan Allah dalam surat Al Baqarah 26.
Ada suatu ceritera Dimana ada suatu Negara yang makmur dan gemah ripah loh jinawi dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana dan sakti mandra guna tubuhnya kebal segala galanya termasuk kebal dalam hal penyakit. Ia seorang raja yang dapat menguasai seluruh negeri, dapat menundukan siapa saja . Nama raja tersebut Iskandar Zulkarnain , Didalam riwayat dia sudah menguasai seperdelapan bola bumi yang dia kusaai. Sampai akhirnya ia menjarah hingga mendekati Anak benua India. Dan menurut hikayat waktu itu ia akan menaklukan negeri itu , tatkala ia sedang menyebrangi Sungai Indus , pada malam itu ia dihinggapi seekor nyamuk hingga meninggal karena demam terus menerus. Kalau sekarang sebut saja Nyamuk DBD nyamuk membawa demam berdarah.

Ada satu ceritera lagi ketika itu adik ipar saya tugas di Irian kena nyamuk malaria yang sangat berbahaya, sehingga juga demam yang berkepanjangan sehingga dibawa kejakaRta dan selamat tidak sampai menghilang nyawa, tapi akibatnya penyakit malarianya itu datang kumatnya setiap tahun alias setahun sekali demam tinggi sampai sekarang, apalagi kalau sampai capek.

Ada suatu acara ritual atau peribadatan menurut kepercayaan mereka atau juga disebut sembahan atau pengorbanan yang menurut mereka mungkin itu sedekah tubuh yang silahkan disantap untuk semaunya nyamuk untuk menikmati tubuh tersebut.

Didesa lohsarang daerah Indramayu yang disebut suku dayak atau comunitas dayak, untuk beribadat dengan cara celentang di empang yang dalamnya kurang lebih 30 cm dengan tubuh telanjang hanya memakai celana pendek waktunya tengah malam sampai pagi. Tubuh yang terlentang itu dibiarkan untuk dimakan oleh nyamuk nyamuk. Rupanya bagi mereka mungkin suatu cara untuk menyedekahkan darahnya untuk nyamuk {cara dia mungkin donor darah barangkali}, tergantung keyakinannya masing masing.

Ada lagi sebuah rumah yang dibiarkan terbuka agar masuk lebih leluasa, kalau dibandingkan dengan rumah rumah yang lebih membutukan kawat nyamuk untuk menghindari jangan sampai nyamuk masuk dalam ruangan tamu apalagi kamar.

Temannya bertanya
“Kok pintunya dibiarkan ngablak saja kan nanti nyamuknya banyak masuk?” tanyanya.
Jawabnya Cuma sederhana ; “biar nyamuk lebih leluasa keluar masuk, nyamuk itu juga kan ciptaan Allah dan cari rejekinya dengan cara menghisap darah manusia.” Tergantung keyakinan kekebalan dan kesehatan tubuhnya melawan sang nyamuk.

Mahluk yang diciptakan oleh Allah umurnya paling pendek adalah nyamuk. Tapi jangan dikira jentik jentik atau telur-telur nyamuk tahan oleh sengatan panas matahari tidak akan mati.

Yang diambil pelajaran dari nyamuk untuk kita.
1. Jangan meremehkan soal nyamuk.
2. Adanya nyamuk adanya pabrik anti nyamuk, obat nyamuk
3. Adanya pabrik memberikan lapangan kerja.
4. Orang comunitas dayak mau menyedekahkan darah dari dirinya untuk sebuah keyakinan.
5. Untuk kita yang tumbuh subur darahnya bagus untuk donor darah bagi kemaslahatan umat, susah menyedekahkannya.
6. Untuk kita yang hartanya banyak sulit untuk menyedekahkannya. E-mail : q_adul@yahoo.com

Tidak ada komentar: