Senin, 26 Oktober 2009

Artl.kel. 'AYAH'

AYAH Abdulrachman saleh S.


Ingin membentuk keluaraga muslim ,berdasarkan Al’quran maka kita melihat surat Luqman ,31:12-19.yang berbunyi sebagai berikut:

Surat Luqman 31 ayat 12. Kami telah mengkaruniakan hikmat kebijaksanaan kepada Lukman :”bersyukurlah kepada Allah ! sebab barang siapa bersyukur untuk dirinya sendiri,dan barang siapa yang tidak bersyukur,maka sesungguhnya Allah Maha kaya dan tumpuan puji”
Wejangan Luqman kepada anaknya yang dituliskan dalam Al Quran surat Luqman 31.
Ajaran yang pokok pada anak anak kita dari dini hingga kelak dewasa.




Surat Luqman 31 ayat 13.
.” dan ingatlah ketika Luqman berkata mengajari anaknya “hai anaku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah! Sebab musyrik itu adalah dosa yang amat besar!”

Ternyata anak-anak sekarang bukan sekedar menyekutukan Allah dan musyrik tapi lebih dari itu. Untuk mencapai sesuatu yang di inginkan tidak dengan jalan lurus dan minta di ridhoi Allah, mereka melebihi dengan jalan sesat dan menzolimi dirinya sendiri, serta memakai jalan pintas , tidak sabar, tidak ditekuni, langsung melalui jalan toll bebas hambatan. Pepatah atau kata bijak. “ berakit rakit dahulu berenang renang kemudian”. tidak berlaku yang barlaku adalah. “Selagi muda banyakkin dosa selagi remaja foya-foya semasa dewasa kaya raya, semasa tua



ingin masuk sorga. Tidak ada penyesalannya. Begitulah masyarakat sekarang yang ingin dicita-citakannya.
Lihat kembali wejangan Luqman kepada anaknya dalam surat Luqman 31 ayat 14 .”dan kami telah mengamanatkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada orang tuanya, Ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan letih dan semakin payah juga. Sampai masa penyapihan sang bayinya dalam umur dua tahun. Karena itu bersyukurlah kepada-Ku dan kepada orang tuamu karena kepada-Kulah tempat kembalinya.”
Kenyataanya bakti anak terhadap orang tua semakin luntur digilas jaman dan pola hidup gaya modern yang semau gue semau apa adenye atau apa katenye, yang ternyata ini semua salah jalan apa lagi adanya H.P. cukup denganSMS. Sepucuk surat berita tentang keluaga dan kabar bagaimana? atau telegram sudah tidak berlaku lagi. Yang dahulu ada


berita/kabar-kabari basa basi atau pembuka surat menanyakan.” apa kabar sehat atau bahagia kabar di kampung bagagaimana, musim apa? ayah sehat, ibu sehat kakak adik juga sehat” .Yang walau ujung ujung kalimat terakhir dari surat atau surat penutup minta duit untuk dikirimkan. Tak lain bayar kost dan bayar kuliah

Seterusnya Luqman berpesan dalam Surat Luqman 31 ayat 16 “ Hai anakku ! sesungguhnya jika ada sesuatu perbuatan baik maupun buruk, sekalipun seberat biji sawi yang tersembunyi dalam batu karang atau dimanapun juga baik dilangit maupun di bumi ini kelak akan diperhitungkan juga oleh Allah, sesunggunya Allah halus dan maha mengetahui, perbuatan baik dan buruk . Yang menjadi kenyataan ini di Dunia adalah seperti pepatah Jawa.



“Ana caraka data sawala, anak yang celaka bapanya yang terbawa-bawa . Demikian kenyataan hidup, ayahlah yang menjadi penanggung seperti contoh pada hal-hal yang sangat umum yang harus diwaspadai oleh orang tua yang kurang menyadari ketidak kebenaran informasi kehidupan yang kadang-kadang banyaknya kenakalan dari suatu yang disebut sekarang-karang ini mendunia kenakalan seperti kenakalan remaja , tawuran , pergaulan yang terlalu bebas, tanpa terkontrol atau tidak terkontrol oleh orang tuanya . Sebagaimana Kita orang tua yang dua-duanya sibuk bekerja mencari kebutuhan Dunia.
Yang sangat harus diperhatian pada anak kita seperti dalam surat Luqman surat 31 ayat 17.
“Anakku! Kerjakan sholat, anjurkan perbuatan yang baik, cegahlah perbuatan keji dan bersabarlah terhadap kemalangan



yang menimpamu. Sesungguhnya semua itu termasuk hal-hal yang menjadi intisari hidup”.
Kenyataan anak-anak kita banyak yang tidak sholat, jangankan melakukan sholat, melewati masjid atau mushola saja tidak pernah apalagi masuk ke masjid dan melakukan sholat. Sholat seminggu sekali deh pada hari jum at
Atau shyolat setahun dua kali Idul fitri atau idul adha itupun tidak karena alasan sibuk dan tugas.
Pembelajaran atau ahlak yang diajarkan pada Islam
Yang tertuang dalam surat Luqman surat 31 ayat 18 sebagai berikut. “Dan janganlah engkau membuang muka dengan sombong terhadap orang yang sedang berbicara denganmu, dan janganlah berjalan di muka bumi dengan angkuh. Allah sesungguhnya tidak senang terhadap semua orang yang sombong lagi angkuh.”



Kenyataan anak-anak kita kebanyakan setelah sukses, karir menanjak, banyak dikenal orang, keangkuhan dan sombong

makin menjadi, tidak mau kenal orang, takut orang minta dipinjami uang atau atau minta ditolong memasukan kerja atau dicarikan pekerjaan, demikian.
Wejangan terakhir dari Luqman terhadap anaknya yang tercantum dalam Al Qur an Surat Lukman 31 ayat 19 “selanjutnya sederhana sejalan dalam berjalan, dan lunak lembutlah dalam ucapan! Sesungguhnya suara paling buruk ialah suara keledai”.
Kenyatan suara dan berjalan tanpa control dan ucapan ucapan pun bablas tanpa terkendali seperti kebannyakan orang mengumpat tidak melihat tempat dan situasi atau sikon.

dirilah, kita baru bisa memperoleh kemerdekaan. Tuangkanlah air kedalam mangkuk dan barulah anda bisa meminumnya, tanpa mangkuk , air akan tumpah ke mana-mana. Mangkuk adalah discipline.

Tidak ada komentar: