Jumat, 16 Oktober 2009

Serakah

“SERAKAH”



Kata serakah , tamak, loba pelit, bakil, kikir sama dengan rakus, serakah dalam bahasa Inggrisnya Greedy, keserakahan greed, serakahisme greedymentality, dalam bahasa arabnya syarihun, thamaa un menjadi tamak.
Kata tamak di dalam indek Al Quran adalah loba , Sedan g dalam bahasa perancis serakah adalah avide, rapare. Di dalam kamus bahasa Indonesia, serakah adalah loba, tamak, missal ia sudah kaya tetapi masih serakah, hendak mengangkangi harta orang lain .

Serakah atau keserakahan di akhir akhir jaman ini semakin merajalela bukan pada individu saja tapi pada lembaga-lembaga atau semacam perkumpulan telah menabrak norma-norma, dan undang-undang , ajaran Agama dan hukum bukan hokum nasional saja tapi sudah menabrak hokum Internasional, tidak diperdulikan yang penting segala tujuan tercapai, dengan apa yang diinginkan.
Lingkup kecil ketika pembagian sembako, dana bantuan social, dana bergulir dan lain lain, saat musibah dana diselewengkan.
Bhagawat gita - Abad ke 25 SM.

Lust, anger and greed, these three are the soul destroying gates of hell.
Birahi, kemarahan dan ketamakan ketiganya adalah gerbang neraka yang menghancurkan jiwa.

Charles col coltan Penyair dan penulis esei dari Inggris. Ambition is in fact the avarice of power . ambisi sesungguhnya adalah ketamakan kekuasaan .

Avarice, the root of all evil. Ketamakan adalah akar dari segtala kejahatan.

Morrely Filsu Perancis.
The only vice that I perceive in this aniverse is avariceall the others of this one.
Satu-satunya kejahatan yang saya ketahui di Dunia ini ialah ketamakan .Kejahatan lainnya, apapun namanya hanyalh variasi dan kadar yang berbeda dari kejahatan yang satu ini.

Umar Bin Khaththab.
Sesungguhnya loba atau tamak itu kemiskinan. Dan putus harapan dari manusia itu suatu kenyataan.
Sesungguhnya siapa yang tidak mengharapkan dari apa yang dalam tangan manusia dan merasa cukup dengan apa adanya niscaya ia tidak memerlukan kepada manusia.


Al Qur an dalam surat Al a raf ayat 3
             •  
3. ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya[528]. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).

[528] Maksudnya: pemimpin-pemimpin yang membawamu kepada kesesatan.

yang menjelaskan tentang ketamakan.”Makan dan minumlah dan jangan berlebihan, Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan

Contoh yang kecil saja pada saat peresmian atau buka puasa bersama, teman-teman kerja. Atau pada saat resepsi prasmanan di tempat tempat pesta makan.

Tidak ada komentar: